Wednesday 29 July 2009

Worm:PIF/Starter.A Virus Shortcut

Virus shortcut adalah virus local dengan cirri-ciri sebagai berikut :

  1. Di folder my documents terdapat sebuah file yang bernama data base.mdb, dan ternyata ini adalah file induknya.
  2. File Autorun.inf, Thumb.db, Microsoft Lnk disetiap driver, folder dan flashdisk sampai pada SUB folder yang ke-2.
  3. Membuat file duplikat di setiap folder dengan extensi .Lnk, maksimal 5 nama folder pertama, misalnya jika di C:/Windows ada banyak maka hanya akan diambil 5 nama pertama saja. Dan berlaku sampai sub folder yang ke-2.
  4. Mematikan fungsi dari file Registry
  5. Menambahkan value di registry
  6. Update for windows XP.Sys/” “

Untuk script yang terakhir mungkin sekali ini hanya script untuk mengecoh saja, tetapi dalam prakteknya kita harus mendeletenya. Jika pada saat kita logon computer maka akan didapat message error.

Yang bikin kita jadi pusing adalah banyak sekali shortcut yang dibuat oleh virus tersebut Dan hebatnya virus tersebut jika penanganannya kurang tepat akan selalu ada kata lain susah hilang. Oleh sebab itu ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk memberantas virus yang ngeselin ini.

  1. Matikan proses dari file WSCRIPT yang terletak di C:/Windows/System32. dengan cara menggunakan tools CProcess, HijackThis atau dapat juga menggunakan Task Manager dari Windows.
  2. Sebelumnya matikan dulu proses SYSTEM RESTORE.
  3. Setelah dimatikan proses dari Wscript tersebut, kita harus mendelete atau merename dari pada file tersebut agar tidak digunakan (untuk sementara) lagi oleh virus tersebut. Sebagai catatan, jika kita merename dari file Wscript.exe tersebut dengan automatis akan dikopikan lagi di folder tersebut, oleh sebab itu kita harus mencari dimana file Wscript.exe yang lainnya biasanya ada di C:/Windows/SN ServicePackUninstall$, C:/Windows/SNServicePackFiles/i386.
  4. Delete file induknya yang ada di C:/Documen and setting//MyDocuments/database.mdb, agar setiap kali computer dijalankan tidak akan meload file tersebut. Dan jangan lupa juga kita buka MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya.
  5. Kemudian kita delete file Autorun.INF. Microsoft.INF dan Thumb.db dengan cara, klik tombol START, ketik CMD pada RUN, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:/, maka yang harus kita lakukan adalah ketik C:/del Microsoft.inf/ s = perintah ini akan mendelete semua file Microsoft.inf di seluruh folder di drive C: jika ingin pindah drive tinggal diganti nama drivenya missal D:/del Microsoft.inf/s
  6. Untuk file autorun.inf, ketik C:/del autorun.inf/s/ah/f = perintah akan mendelete file autorun.inf (syntax/ah/f) digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA, begitu juga untuk file Thumb.db lakukan juga hal tersebut.
  7. Untuk mendelete file-file selain file sebelumnya, sebainya kita mencari nya dengan cara Search file dengan ekstensi .Lnk ukurannya 1 Kb, Pada “More advance options”, pastikan option Search system folders” dan “Search hidden files and folders “ keduanya telah dicentang.
  8. Berhati-hatilah ketika mendelete karena tidak semua file shortcut/file LNK yang berukuran 1 Kb adalah virus, kita dapat membedakannya dari iconnya, size dan type. Untuk shortcut yang diciptakan virus iconnya selalu menggunakan icon “folder”, ukuran 1 Kb dengan type “Shortcut”. Sedangkan folder yang benar seharusnya tidak memiliki “Size” dan typenya adalah “file folder”.
  9. Proses perbaikan registry dengan menyalin script dibawah ini pada program “notepad” kemudian simpan dengan nama “Repair.Inf”. Jalankan file tersebut dengan cara:
    1. Klik kanan repair.inf
    2. Klik Install

[Version]

Signature=”$Chicagos$”

Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]

AddReg=UnhookRegKey

DelReg=del

[UnhookRegKey]

HKML, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,’””’%1’”’%*”

HKML, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,’””’%1’”’%*”

HKML, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,’””’%1’”’%*”

HKML, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,’””’%1’”’%*”

HKML, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe”%’”’

HKML, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,’””’%1’”’%*”

HKML,SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\ CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Exeplorer.exe”

HKML,SYSTEM\ControlSet001\Cintrol\SafeBoot,AlternateShell,0, “cmd.exe”

HKML,System\ControlSet002\Control\SafeBoot,AlternateShell,0, “cmd.exe”

[del]

HKML,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Winupdate

HKCU,SOFTWARE\Microsoft\Windows\Current\Version\Run, exeplorer

Dikutip dari: Tabloid komputek edisi 612 hlm.11

0 comments: