Saturday 10 October 2009

Pameran Mobil Jerman Dukung Teknologi Ramah Lingkungan


Opel dan Vauxhall merupakan masa depan Astra.
Setidaknya, dua produsen ternama Eropa berharap pameran yang digelar Opel ini akan mampu membantu mereka bertahan, ditengah dominasi pemasok suku cadang Magna dari Kanada.
Inovasi terbaru Astra berupa efisiensi penggunaan bahan bakar, menjadi satu-satunya kendaraan yang mendapat perhatian pengunjung selama pameran.
Even dua tahunan ini merupakan ajang kebangkitan para produsen mobil dari keterpurukannya.
Krisis yang dialami industri otomotif, membuat Nissan dan tiga produsen Jepang lainnya tidak hadir di Frankfurt.
Tetapi ada beberapa hal yang positif, kata Christoph Stuermer dari Global Insight.
[Christoph Stuermer, Global Insight]:
"Apa yang kami lihat, dibandingkan tahun lalu, tahun ini tampak semakin bergairah, ini karena dampak krisis Lehman tahun lalu yang secara signifikan membuat lesunya permintaan pasar, namun kondisi itu sudah membaik, kami melihat situasi sudah stabil."
Produsen mobil seperti Renault, memamerkan empat konsep mobil bertenaga listrik pada acara ini dan berharap teknologi ramah lingkungannya akan menjadi penyelamat.
Sebagian besar perusahaan memamerkan mobil listrik atau hibrid.
Mereka diwajibkan memenuhi ambang batas maksimal emisi gas buang yang baru.
Dan bahkan ada kebangkitan mobil klasik ramah lingkungan yang dulu digemari, yaitu Trabant.
Ini merupakan prototipe kendaraan listrik terkenal di Jerman Timur, dimana seluruh komponennya diproduksi oleh IndiKar yang baru selesai dibangun.
[Ronald Gerschewski, Direktur IndiKar]:
"Tentu saja kami telah merombak tampilannya agar lebih modern dan aerodinamis, termasuk menyesuaikan sudutnya. Kami juga menyempurnakan mesinnya. Banyak orang berpandangan bahwa mesin tua identik dengan Trabant. Ini adalah mesin listrik, untuk penggunaan modern di tengah kota. "
IndiKar masih mencari investor dan berharap Trabi dapat kembali ke jalan pada tahun 2012.
Sepertinya semua produsen mobil menunjukkan model-model terbaru mereka di Frankfurt, mereka berharap kendaraan "ramah lingkungan" akan meyakinkan masyarakat untuk membeli mobil baru sekarang maupun di kemudian hari.


NTD News melaporkan.

0 comments: