Tuesday 12 May 2009

Generasi Peduli Bumi

By Fauzan


Ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelangsungan bumi kita, Aa Gym mengatakan untuk mengubah bangsa setidaknya ada 3 cara yaitu rumus 3M, yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang terkecil, dan mulailah saat ini. Rumus ini bisa juga kita gunakan untuk menjaga alam kita, bumi yang kita cinta.

Rumus pertama dari Aa Gym adalah mulai dari diri sendiri, untuk itu tanamkan dalam diri kita kesadaran bahwa kita hidup memang sementara, tapi kita juga harus sadar bahwa generasi setelah kita berhak menikmati bumi ini, mulailah perubahan dari diri sendiri untuk perubahan besar.

Kedua, mulai dari hal terkecil, ada beberapa tips untuk menjaga bumi kita tetap indah dan hal ini dijamin gak susah kok, pertama adalah setiap orang di rumah kita beri tugas untuk menanam minimal 5 tanaman yang berbeda selain menanam tentu harus di pelihara dengan baik oleh tiap-tiap warga di rumah sehingga tanaman itu tumbuh dan berkembang. Cara ini gak susahkan, selain rumah kita terlihat indah dengan tanaman-tanaman, rumah kita juga akan terasa sejuk. Satu contoh tanaman yang perlu ditanam adalah Sansevieria trifasciata atau yang lebih dikenal dengan nama Lidah mertua, tanaman ini baik karen akan menyerap polusi sehingga rumah kita bebas polusi udara. Kedua, usahakan sampah rumah tangga dipisahkan antara sampah organik dan anorganik untuk mempermudah proses pendaur ulangan (kalo kamu termasuk orang yang gak Cuma kratif membuang sampah tapi inovatif memanfaatkan sampahnya), sampah organik juga bisa kita manfaatkan sebagai pupuk, sementara itu sampah anorganik bisa juga didaur ulang menjadi barang yang lebih berguna. So, sebelum dibuang pikir dulu deh apa ada sampah yang bisa kamu manfaatka? Sehingga sedikitnya bisa mengurangi volume sampah di kotamu. Ketiga, mari kita kurangi sumbangan polusi, hal ini bisa kita lakukan dengan cara, ketika kita akan pergi ketempat yang gak begitu jauh dari rumah gak usah bawa motor apalagi mobil, alangkah baiknya jika kita berjalan kaki atau naik sepeda, sehatkan?. Gimana kalo kita pergi jauh? Mudah ajah, di luar sana banyak kendaraan dari angkot, tukang ojek sampe bus, dengan menggunakan kendaraan umum kita juga ikut mengurangi tingkat polusi dan volume kendaraan yang bikin macet, hemat energi, serta bisa bersosialisasi dengan orang-orang yang kita temui. Keempat, sumber energi di alam itu terbatas, sudah seharusnya kita untuk menggunakan energi dengan bijak, caranya bisa seperti di atas, bisa juga kita matikan AC rumah kita ketika suhu gak begitu panas, atau matikan lampu jika tidak digunakan dengan hal penting, gunakan air sehemat mungkin. Untuk menghemat energi banyak yang dapat kita lakukan jika kita mau dan sadar.

Ketiga, Aa Gym mengatakan mulailah saat ini, saya kira kita setuju dengan pendapat-pendapat yang dirumuskan oleh Aa Gym, untuk berbuat kebaikan gak perlu nunggu, selagi bisa lakukanlah saat ini juga, karena kebaikan yang kita berikan kepada orang lain atau kebaikan yang kita lakukan sebenarnya akan kembali kepada kita sebagai kebaikan juga.

0 comments: